Header Ads

header ad

Pengelolaan Haji Oleh Negara Islam, Dubes Saudi: Musyawarah Yes, Intervensi No!

JAKARTA (gemaislam) – Duta Besar Arab Saudi, Musthafa Ibrahim Al Mubarak, saat acara National Day pada Selasa (29/9/2015) lalu mengatakan bahwa umat Islam mesti bersabar untuk menunggu hasil investigasi insiden Mina yang sedang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi.

“Masih dalam penyelidikan, kalau sudah selesai, kami akan umumkan kepada khalayak,” kata Musthafa dihadapan para wartawan.

Musthafa juga menegaskan bahwa pemerintahnya sudah melakukan pelayanan dengan baik, hanya saja masih terjadi musibah.

Soal isu penyebab insiden Mina oleh iring-iringan putra mahkota Saudi, Musthafa menampiknya. “Itu tidak benar, tidak ada iring-iringan keluarga raja,” terangnya.

Terkait dengan usulan internasionalisasi pengelolaan haji, Musthafa tak menyetujui adanya hal itu.

“Kalau bermusyawarah tentang pengelolaan haji maka boleh saja, kami akan terus bermusyawarah, tetapi jika turut campur atau bahkan ada intervensi dari pihak lain, maka kami tidak setuju dengan hal itu,” terang Musthafa.

Senada dengan Musthafa, staf khusus hubungan luar negeri Indonesia, Alwi Shihab mengatakan, musibah Mina hendaknya tak dikaitkan dengan politik karena ini adalah masalah ibadah.

“Siapapun orangnya tidak ingin kejadian tersebut terjadi, apalagi Saudi sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada jamaah haji,” ujar Alwi. (bms)

Sumber Berita:
https://gemaislam.com/493-pengelolaan-haji-oleh-negara-islam-dubes-saudi-musyawarah-yes-intervensi-no.html
Sumber Gambar:
http://hariansinggalang.co.id/wp-content/uploads/2015/04/haji1.jpg

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
" Selamat Datang di Website Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau Indonesia "